Halaman

Jumat, 20 April 2012

WUDHU DAN TAYAMMUM

Wudhu dan Tayamum

Wudhu adalah prosedur untuk mencuci bagian tubuh dengan menggunakan air sebagai persiapan mengerjakan shalat
rukun wudhu:

  1. Membasuh muka
  2. Membasuh kedua tangan hingga mata siku
  3. Mengusap kepala
  4. Membasuh kedua kaki hingga mata kaki
Sedangkan ulama fikh menambahkan dengan niat dan tertib

sunat sunat wudhu:
  1. memulai dengan basmallah
  2. mulai dengan bagian kanan dari yang kiri
  3. menggosok gigi (siwak)
  4. mencuci dua telapak tangan
  5. berkumur kumur
  6. memasukkan air ke hidung
  7. meniga kalikan
  8. menyilang nyilangi jenggot
  9. menyilang nyilangi anak jari
  10. mengusap kedua telinga
Tayamum artinya memulai yang kanan dari yang kiri dari mengusap muka dan kedua tangan. Tayamum terjadi apabila :
  1. Dalam perjalanan tidak ada air
  2. sakit anggota wudhu
  3. ada air tapi sikon tidak memungkinkan 
yang membatalkan wudhu dan tayamum adalah:
  1. keluar sesuatu dari 2 lubang
  2. menyentuh kemaluan dengan telapak tangan
  3. kena najis
  4. bersentuhan kulit laki2 dan perempuan yang bukan muhrim
  5. tidur nyenyak hingga hilang kesadaran
  6. hilang akal (mabuk, gila)
  7. murtad

QS al-maidah : 6
 
Artinya: 
Hai orang orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, Maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih) sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. 

Senin, 16 April 2012

Inilah Dia Suzuki Ertiga, Yuk Kita Nyicip Sedikit!

First Impression

Suzuki Ertiga, lebih mewah!




Tak sedikit surat pembaca yang datang ke meja redaksi minta informasi lagi Suzuki Ertiga. Mulai ulasan profil Ertiga secara lengkap sampai perbandingan dengan pesaingnya; All New Daihatsu Xenia, All New Toyota Avanza dan New Nissan Grand Livina.

Berutung mendapat kesempatan untuk menjajal dan mengulik secara detail sosok MPV yang sudah buka inden ini. “Sampai sekarang sudah hampir 3.000 yang inden,” jelas Joko Utomo, GM Marketing Brand II 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), APM mobil Suzuki saat dikontak hari Senin lalu (2/4). Yuk kita sapa!

MIRIP GRAND LIVINA


Mesin ada di tengah-tengah Grand Livina dan ANA/ANEX, Kapasitas barang bisa bertambah
Mobil yang sejatinya telah dijumpai pada acara Delhi Auto Show ke-11 di Pragati Maidan Exhibition Complex, New Delhi India (6/1) ini memang membuat rasa penasaran banyak orang. Pasalnya Suzuki menyuguhkan sebuah konsep compact MPV baru yang stylish dan luxurious, beda dari varian Suzuki lainnya.

Dibanding Ertiga di India dengan versi produksi Indonesia, sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan. Di India tersedia dua varian mesin, bensin dan diesel. Sementara di Tanah Air hanya bensin dengan transmisi manual. Dari desain eksterior, interior, spek mesin (bensin) hingga kelengkapan fiturnya pun tak ada bedanya.

Sebagai MPV yang kompak, Ertiga mempunyai dimensi yang tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar. Buat orang Indonesia kebanyakan, ukurannya terbilang pas. Kesan pertama melihat mobil ini dari luar adalah lebih menyerupai Nissan Grand Livina.

Terbukti setelah memperhatikan dimensi Ertiga yang berukuran 4.265 x 1.695 x 1.685 mm (PxLxt) dengan wheelbase 2.740 mm. Sedangkan Grand Livina 4.420 x 1.690 x 1.595 mm, wheelbase 2.600 mm.



Dapat terlihat kalau Ertiga lebih pendek 15,5 cm taplebih tinggi 9 cm dari Grand Livina. Kalau lebar keduanya bisa dibilang sama, karena hanya terpaut 0,5 cm. Namun wheelbase MPV Suzuki lebih panjang 14 cm menyesuaikan bodi yang lebih panjang.

Bagaimana dengan All New Daihatsu Xenia (ANEX) atau All New Toyota Avanza (ANA)? Bicara desain, Ertiga memang agak berbeda dengan kedua ‘saudara kembar’ itu. Ukuran ANEX dan ANA lebih kecil dibanding Ertiga.

Dapat diperhatikan dari dimensi bodi total ANEX dan ANA yang sebesar 4.140 x 1.660 x 1.696 mm dengan jarak sumbu roda 2.655 mm. Yang artinya panjang dan lebar bodi totalnya lebih pendek dari Ertiga.

SLIDING SEAT

Simpel namun tetap terlihat jelas. Ada MID-nya lo!, Koneksi USB nempel di konsul tengah dasbor
Masuk ke kabin dan memperhatikan item-item di dalamnya juga tak ada bedanya dengan Ertiga versi India. Mulai desain dan material/bahan seperti dasbor, door trim, plafon, bangku dan lainnya sami mawon.

Pada Ertiga tipe GL (tipe tengah, red) yang dijajal kali ini, paduan two tone (beige dan abu-abu) dasbornya menambah kesan luks dasbor yang sudah kelihatan mewah. Susunan panel instrumen dan lekukannya pun tidak neko-neko, tampak eksklusif.

Duduk di bangku belakang kemudi pun terasa nyaman untuk postur tubuh 169 cm/72 kg, ditambah lagi adanya tilt steering sehingga memudahkan dan menambah kenyamanan posisi pengemudi.

Oiya, karena mobil yang dipinjamkan ini masih unit trial, cover setirnya pun masih memakai tutup warna hitam. Seharusnya sudah berwarna beige senada dasbor bawah, trim dan jok.

Kelengkapan di kabin depan pun termasuk lengkap. Mulai head unit 2 DIN integrated, 6 speaker, koneksi USB, cup/bottle holder di bawah lubang AC di penumpang depan kiri serta tombol pengatur kaca spion luar yang ada di door trim pintu sopir. Hanya saja di tipe GL ini belum dilengkapi audio switch control di lingkar kemudi (tersedia pada tipe tertinggi GX).

Pindah ke bangku baris kedua. Secara umum mirip dengan kenyamanan duduk di MPV pesaingnya. Hanya saja terdapat pengaturan maju-mundur jok (sliding seat) seperti pada ANA dan ANEX sepanjang 15 klik (tingkatan) sehingga menambah nyaman penumpang baris tengah.


Jok bisa sliding dan sudah dilengkapi 3 safety belt, Adanya sliding pada jok tengah menambah kenyaman penumpang belakang
Karena bangku baris kedua bisa dimaju-mundurkan, otomatis kelegaan ruang penumpang belakangnya pun bertambah. Coba menjajal duduk di bangku paling belakang masih terasa cukup nyaman. Dengan catatan, jok depannya harus dimajukan dari posisi sliding paling belakang.

Ilustrasinya gini, duduk di bangku paling belakang dengan posisi bangku depannya dimajukan 4-5 klik, baru dengkul tidak menyentuh bagian belakang jok depannya dan kaki pun bisa sedikit melonjor ke depan.

Lantas, mirip fitur One Touch Tumble pada ANEX dan ANA, di Ertiga juga tersedia satu tuas yang berguna bagi penumpang yang akan duduk di bangku ketiga. Dengan menarik tuas ke atas, jok dapat melipat sekaligus maju dalam satu waktu.

Intinya, jika Anda masuk dan duduk di salah satu bangku di kabin Ertiga, kesan yang mucul adalah sama dengan menumpangi ketiga pesaingnya tadi.

Hanya saja aroma mewah lebih mencuat berkat desain dasbor, bahan jok dan trim serta paduan warna interior. Perkara kenyamanan sih setali tiga uang.

Jumat, 13 April 2012

BELANDA PAMER MOBIL TERBANG CANGGIH

 Headline
Beberapa jam setelah perusahaan Amerika Terrafugia mengumumkan keberhasilan penerbangan pertama, perusahaan Belanda seolah tak mau kalah juga melakukan hal serupa.


Perusahaan Belanda ini membuat Pal-V yang berhasil melewati uji penerbangan pertama. Mobil ini sangat ramping, ringan dan menggunakan rotor untuk terbang.
Prototip mobil ini sendiri diklaim legal digunakan di darat dan udara berdasarkan hukum internasional. Seperti Terrafugia, mobil ini juga butuh berjalan sejauh 150 meter terlebih dahulu hingga bisa terbang.
Di daratan, mobil ini mampu melaju dengan kecepatan 180km/jam. Selain itu, rotor pada mobil ini mampu melipat secara otomatis saat tidak digunakan untuk terbang.
Demikian seperti dikutip DM. Ini dia videonya.Bagaimana menurut Anda?

Minggu, 08 April 2012

HADAS DAN NAJIS



PENGERTIAN HADAS DAN NAJIS

A. Hadas adalah kondisi tidak suci yang mengenai pribadi seseorang muslim, menyebabakan terhalangnya-orang itu melakukan shalat atau tawaf. Artinya Shalat dan tawaf yang dilakukan tidak sah karena dirinya dalamkeadaan tidak berhads. Menurut ahli fiqhi sebab seorang dihukumkan dirinya dalam kondisi berhadats, ada dua kelompok;
1. Hadas kecil.
Mengeluarkan sesuatu dari dubur dan atau kubul yang berupa;
  • Air kencing.
  • Tinja.
  • Kentut.
2. Hadas besar.
  • Mengeluarkan mani.
  • Hubungan kelamin.
  • Terhentinya haid dan nifas.
Cara mensucikanya
a. Hadas kecil atau hadats ringan untuk mensucikanya diwajibkan berwudhu
b. Hadas besar, untuk mensucikanya diwajibkan mandi sesuai dengan syara dan bila
dalam kondisi darurat dapat bertayamum.


B. Yang dimaksud dengan najis menurut bahasa apa saja yang dipandang kotor dan menjijikkan. Sedangkan menurut syara, makna najis adalah suatu kotoran yang dapat menghalangi sahnya shalat atau tawaf.

a. Macam-macam najis dan cara dan mensucikanya.
  1. Najis ringan (Najis mukhaffafah), yaitu najis yang cara mensucikanya cukup dengan cara memercikan air pada yang tempat yang terkena najis, contoh kencing anak laki-laki yang belum makan selain air susu ibunya.
  2. Najis sedang (najis mutawassithah), yaitu najis yang cara mensucikanya harus dicuci dengan bersih hingga hilang bekasnya, baunya atau rasanya. Contoh; darah haid, mani, nanah, dll.
  1. Najis berat (Mughalladah), yaitu najis dengan cara mensucikanya harus dengan dicuci dengan meng-gunakan air sebanayak 7 kali siraman dan salah satu diantaranya dicampur dengan debu atau tanah yang suci. Najis semacam ini hanya ada satu jenis saja. Yaitu pakaian atau bejana yang terkena jilatan anjing atau babi.
  2. Najis yang dimaafkan (najis Ma'fu), Najis yang sulit dikenal maka dapat dimaafkan meskipun ia tidak di cuci, misalnya; kaki dan ujung celana atau sarung yang terkena basa dan tidak dapat diamati najis atau bukan.
Perbedaan antara najis dan hadas
  • Hadas adalah sesuatu yang dapat membatalakan wudhu dan shalat.
  • Najis adalah sesuatu yang dapat membatalkan shalat, tidak membatalkan wudhu.

KESAN PERTAMA YAMAHA SOUL GT, TAWARKAN SENSASI LEBIH


Handling dan lincahnya sama seperti Mio Soul generasi terdahulu

Mau tahu lebih detail soal Yamaha Soul GT, motorplus-online.com tak sekadar munculin foto-fotonya. Biar nggak bikin penasaran, tim motorplus-online punya seabreg agenda memberitakan skubek baru Yamaha ini. Mulai dari riding impresi pertama, sampai mengikuti prosesi launching yang akan dilakukan hari ini (7/4) di Jakarta.

Biar enggak penasaran pantengin terus ya! Pasalnya kami akan ikut menjajal Soul GT di sirkuit karting Sentul. Lalu masih ikut acara peluncuran di La Piazza, Kelapa Gading malam nanti sekitar pukul 20.00. Bedah fitur, hingga ulasan modifikasi ala pabrikan dan sesi test ride akan dibeberkan dalam beberapa minggu kedepan. Jangan ketinggalan infonya ya!

















Kini kembali lagi ke kesan pertama bersama motor 114 cc ini. Bicara riding impression, sejatinya nyemplak skubek terbaru dari Yamaha ini tak ada bedanya dengan generasi Mio terdahulu. Posisi ridingnya ideal buat orang Indonesia, lantaran posisi kedua tangan ke stang cukup nyaman dan kedua kaki mudah menjejak ke tanah sangat sempurna.

Saat engine dihidupkan pun demikian, dapat dirasakan kalau handling yang ditawarkan tak ubahnya seperti Mio Soul versi lama. Meskipun secara desain bodi Soul GT terlihat lebih lebar, tapi tetap lincah menerobos kondisi lalu lintas yang padat.

Kondisi tersebut bukan cuma dipengaruhi posisi setang yang sedikit lebih rendah, hingga membuat handling terasa sigap. Tapi power delivery yang dikirim ke mesin berpengabut injeksi itu terasa lebih smooth. Meski halus, tenaga yang tersalur ke roda belakang tergolong padat dan terus mengalir hingga rpm tertinggi.


Semuanya bukan cuma bisa dirasa, tapi bisa dilihat langsung dari jarum spidometer yang desainnya sangat modern. Apalagi angka-angka yang besar membuat pengendara mudah mengetahui kecepatannya. Itu karena Mio Soul GT menawarkan sensasi lebih.

Yamaha Soul GT terinspirasi Bumble Bee

Headline


Jakarta - Yamaha secara resmi meluncurkan Soul GT. Produsen motor ini mengaku, mobil-mobil America seperti Chevrolet Camaro menjadi inspirasi desainnya. Penasaran?
“Semua model muscle car jadi satu. Konsep motor ini adalah muscle car,” kata PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Eko Prabowo di Jakart (7/4). Tampilan lampu depan Soul GT sendiri menyerupai model lampu Chevrolet Camaro atau Bumble Bee yang menjadi salah satu tokoh robot di film Transformer.
Lampu depan model ini berbentuk sorot mata tajam dan lampu senjanya berbentuk angel eye atau mata malaikat yang terinspirasi lampu sedan mewah Eropa. Eko mengaku, desain motor ini lebih macho dan mengedepankan sosok maskulin.
“Model ini dibuat tim R&D Yamaha Indonesia dan dipasarkan hanya di Indonesia. Jadi kita yang pertama memasarkan model ini,” katanya. Eko mengatakan, Yamaha Jepang sudah memberi kepercayaan pada YIMM untuk mengembang model-model motor terbaru di negeri ini.
Menurut Eko, ada lima divisi R&D yang akan terus merancang model-model YIMM terbaru di Indonesia. “Model ini sudah kami rancang dan desain dari tahun kemarin,” tutupnya.

Jumat, 06 April 2012

Wah, Ilmuwan Temukan Mammoth Utuh

Headline

London – Para ilmuwan berhasil menemukan nenek moyang para gajah ini dalam keadaan utuh dan sempurna. Gajah purba ini ditemukan para ilmuwan di lahan beku Siberia. Ingin tahu?
Tak hanya itu, mammoth ini masih memiliki mata, talapak kaki dan bahkan organ internalnya masih ada. Awalnya, hewan muda yang hidup 10 ribu tahun silam ini ditemukan pemburu yang kemudian diserahkan pada para ilmuwan. Sementara sebelumnya penemuan semacam ini hanya menyisakan tulangnya saja, para ilmuwan mengklaim temuan ini sangat unik karena berupa keseluruhan tubuh hewan tersebut.
Para ahli yakin, temuan ini dapat memberi informasi mengenai hewan itu sendiri juga mengenai manusia yang hidup di zaman hewan ini berada. “Temuan ini seolah menyatakan, manusia berkontribusi dalam kepunahan mammoth,” ungkap profesor ilmu bumi dan lingkungan Daniel Fisher dari University of Michigan.
Di sisi lain, profesor Adrian Lister dari Natural History Museum mengaku sangat terpesona temuan ini. “Ini adalah sisa-sisa mammoth paling sempurna yang pernah ditemukan hingga kini,” tutupnya seperti dikutip DM.

Selasa, 03 April 2012

Premium dan Perrtamax akan dicampur


Premium & Pertamax Akan Dicampur

Gina Nur Maftuhah

Ilustrasi. (Foto: Okezone)



JAKARTA - Tingginya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi menyebabkan pemerintah mewacanakan mencampur premium dan pertamax sehingga harga kedua jenis bahan bakar ini relatif lebih murah dikonsumsi masyarakat.


"Soal BBM bersubsidi, ada ide saya ngobrol sama beberapa teman, pemerintah mau adakan premix round 90. Jadi campuran BBM round 88 yang disubsidi (premium) dan round 92 yang enggak disubsidi (pertamax)," ungkap Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo di acara Forum Group Discussion tentang konversi BBG, di Hotel Atlet Century, Jakarta, Rabu (4/4/2012).


Wamen menyebut, di Indonesia campuran BBM yang terdiri dari premium dan pertamax ini memiliki banyak pasar. Pasalnya, ada beberapa yang masih enggan berpindah ke pertamax tetapi merasa berdosa menghabiskan subsidi uang negara dengan terus memakai premium.


Adapun perhitungan dari harga BBM tersebut, lanjut Widjajono, merupakan gabungan dari keduanya. "Jadi harganya dibagi dua, kalau pertamax Rp10 ribu per liter, premium Rp4.500 per liter, ya nanti Rp7.250," lanjut dia.


Guru Besar Perminyakan ITB ini menambahkan, hal ini tidak akan merugikan siapapun termasuk Pertamina, karena proses pencampuran kedua jenis BBM ini tidak membutuhkan banyak hal. 


Meski begitu, dirinya tidak dapat memberikan kepastian rencana. Menurutnya, dia harus berdiskusi dengan beberapa pihak lain sebelum menerapkan BBM campuran ini.


Seperti diketahui, pemerintah memang kerap menaikkan atau menurunkan harga pertamax sesuai dengan kondisi minyak mentah global.


Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Djaelani Sutomo dalam sebuah kesempatan mengatakan, sekarang ini harga pertamax cs bisa kapan saja berubah, tergantung harga minyak mentah dunia. "SPBU juga sudah biasa. Itu (tidak ada publikasi) memang sudah strategi kita," imbuhnya.


Ditambahkan Vice President Corporate Communication Pertamina M Harun, langkah perubahan harga tersebut untuk menyesuaikan dengan harga si emas hitam yang terus merangkak naik. "Karena harga-harga produk minyak di pasar dunia naik. Jadi kita ikuti mekanisme harga pasar," kata dia.


Sekadar informasi, harga Pertamax per 1 April 2012 naik menjadi Rp10.200 per liter bila dibandingkan dengan harga pertamax pada 15 Maret 2012 yang mencapai Rp9.550 per liter.

FAKTA, PRINSIP, DAN KONSEP


Pengertian Fakta, Prinsip dan Konsep


Fakta adalah sebagai faktor nyata atau suatu realitas yang ada di suatu tempat dan dalam waktu tertentu tentang apa yang kita amati (lihat ,dengar, raba ,cicip dan cium), realitas yang kita amati itu bisa berupa kejadian, benda simbol sifat dan lain sebagainya. Artinya informasi yang kita peroleh dari sebuah pengamatan. Boleh juga sebagai situasi atau kondisi yang telah terjadi yang diperoleh dari pengalaman iderawi. Fakta saangat bersifat objektif. Jenis fakta yang paling sederhana adalah fakta atomik, yakni fakta paling dasar dan tidak dapat direduksi. Ia tidak dapat dibagi kedalam komponen-komponnen, tetapi merupakan kombinasi dari benda-benda dan objek pengertian. Pada dasarnya fakta atomik tidak dapat dipakai untuk membuktikan adanya fakta atomik lainnya. Atau boleh juga dipakai istilah lain yakni fakta nuklir (inti atom) yang tidak mungkin diurai lagi.
Konsep dapat difahami sebagai gambaran umum dari suatu ide atau gagasan dari sistem penalaran. Biasanya gambaran umum itu sifatnya abstrak. Dalam sistem penalaran, kita  harus memberikan batas atau ruang lingkup agar jelas terbeda sesuatu dengan yang lain, baik bentuk, sifat atau material dari ide atau gagasan tersebut. Misalnya tentang  “meja”  akan lebih jelas dengan sebuah konsep. Dan akan bereda dengan “kursi”  karena konsep tadi. Konsep tentang meja berbeda dengan konsep tentang kursi.
Tentu saja kita dalam hal ini terlebih dahulu harus memulai memahaminya dari pengertian dan defenisi. Konsep juga mengandung upaya mengkalsifikasi dan kategorisasi. Misalnya konsep tentang meja atau kursi, kita harus mlihat dan mengetahui semua bentuk meja , maka semua meja itu (yang telah pernah dilihat atau teramati ) harus masuk kedalam kelas  atau kelompok meja, tidak ada pengecualian. Demikian pula dengan yang lain, misalnya unggas (yang telah pernah dilihat  atau teramati ),  semua jenis unggas harus masuk kedalam kelasnya.
Bila kita melihat sebah meja, misalnya meja itu datarannya berbentuk lingkaran atau bundar, kakinya empat atau tiga, maka yang kita lihat itu adalah sebuah manifestasi dari konsep “meja”. Itulah salah satu model dari “konsep maeja”, yakni sebuah meja yang bentuknya berkaki tiga dan berdataran bundar. Jadi sebuah meja yang seperti yang kita amati itu belum bisa digunakan untuk merumuskan apa yang dimaksud dengan “konsep Meja”. Sebab yang menghukum kita adalah defenisi. Juga perlu dipahami adalah bahwa konsep itu menjelaskan substansi dari sesuatu (sep. Meja tadi).
Pada “konsep meja” yang kita rumuskan dalam alam fikiran adalah sebuah barang yang dibuat tidak boleh keluar dari hakekatnya (karena sudah dibatasi). Hakekat dari   “konsep meja” yakni adanya kaki dan dataran. Boleh saja kakinya minimal satu dan maksimalnya empat atau lebih. Begitu pula datarannya, boleh bundar atau persegi. Kalau kita membangun sebuah meja berarti kita meletakan beberapa aksidensia. Dengan demikian akan lebih mudah  setiap orang  memahami sebuah meja dengan segala atributnya.
Prinsip, dapat difahami sebagai ketentuan yang harus ada atau harus dijalankan.  Atau boleh juga  dan dapat  berarti suatu aturan umum yang dijadikan sebagai panduan ( misalnya untuk dasar perilaku). Prinsip berfungsi sebagai dasar (pedoman) bertindak, bisa saja sebagi acuan proses dan dapat pula sebagai target capaian. Prinsip biasanya mengandung hukum causalitas atau hubungan sebab dan akibat.Sebagai contoh bila permintaan meningkat maka pasokan juga haru meningkat. Apapun pekerjaan kita waktu untuk bersantai atau rilek harus ada. Apa saja yang akan kia bangun asalkan   mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat.
Boleh juga sebagai sebab yang paling dasar. Makna  prinsip lebih luas dari konsep sebab.  “ Sebab “  hanya membedakan eksistensi dan ketergantungan hal yang disebabkan pada suatu yang menjadi sebab. Dengan kata lain prinsip sebagai kausalitas yang sangat penting. Sebagai contoh tidak ada akibat tanpa sebab. Dengan prinsip ini biasanya orang akan lebih mudah menjelaskan bukti adanya Tuhan.


Wassalam   –    Jalius. HR